Ciri Furniture Kayu Jati Palsu

Bahan yang paling populer untuk dijadikan furniture adalah kayu, dan dari sekian banyak macam kayu yang dapat diolah menjadi furniture, kayu jati adalah salah satu yang paling populer. Furniture kayu jati terkenal akan kekuatan dan ketahanannya. Furniture kayu jati memiliki umur yang panjang, tahan dari segala macam cuaca, tak dapat dimakan rayap, dan kuat menahan beban berat. Apalagi, jika kita pintar memadukan furniture kayu jati dengan konsep rumah kita, akan membuat rumah kita terlihat lebih menarik. Keunggulan-keunggulan itu membuatnya menjadi salah satu jenis kayu olahan yang paling populer dan memiliki harga yang paling tinggi mengingat banyaknya permintaan.

Furniture Kayu Jati

Namun, keunggulan tersebut telah dimanfaatkan banyak oknum tidak bertanggungjawab untuk membuat furniture kayu jati palsu yang tidak terbuat dari jati asli. Berikut ini hal-hal yang dapat kita perhatikan ciri furniture kayu jati sebelum membeli furniture dari kayu jati untuk menghindari barang palsu.
  • Cek permukaan, retakan, dan lubang-lubang yang mungkin menghiasi furniture.

Permukaan kayu jati yang asli selalu terasa halus, karena selain menggunakan pemoles buatan, kayu jati sendiri memproduksi cairan khusus yang memperhalus permukaan kayu. Retakan dan lubang-lubang juga biasanya terasa halus. Retakan dan lubang yang dimaksud disini adalah retakan dan/atau lubang yang sengaja dibuat atau ditinggalkan si pengrajin kayu untuk memperindah design, biasanya retakan atau lubang yang terjadi karena kesalahan tidak terasa halus.
  • Perhatikan design garis dan mata kayu.

Garis kayu jati asli memiliki alur yang halus dan presisi, rata tidak berkelok-kelok. Sementara, mata kayu jati asli memiliki tekstur yang jelas dan tidak kabur. Selain itu, perhatikan apabila terdapat retakan pada mata kayu, karena retakan pada mata kayu dapat berkembang seiring waktu sehingga dapat merusak furniture.
  • Cek sela dimana kayu disatukan.

Contohnya, tempat dimana badan meja tersambung dengan kaki meja haruslah tersatukan dengan rapat tanpa menimbulkan sela-sela, tak perduli material apapun yang digunakan untuk menyatukannya.
  • Tes kekuatan dan kekokohan furniture.

Kayu jati memiliki tingkat ketahanan dan kekuatan yang tinggi, pastikan hal ini sebelum membeli. teslah kekuatan furniture dengan menggunakan furniture dengan semestinya, letakkan tas anda atau barang lainnya di atas meja yang akan dibeli, duduklah di kursi yang akan dibeli, jika perlu, minta anak Anda untuk menduduki meja untuk mengecek kekuatannya. (RR)

0 comments:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...