Lakukan Hal Ini Sebelum Operasikan Alat Berat

Operasional Alat Berat
Alat berat merupakan komponen penting yang harus ada ketika Anda akan mengerjakan konstruksi bangunan. Mengapa demikian? Sebab alat berat akan membantu mempermudah pengerjaan Anda, terutama ketika harus memindahkan material besar, mengeruk tanah, atau pun meratakan permukaan. Mengingat fungsi yang dimiliki oleh alat berat sangatlah banyak, maka tidak heran jika alat ini dihargai dengan harga selangit. Tidak hanya itu saja, bahkan harga suku cadang alat berat pun tidaklah murah.

Bagi Anda yang sedang dalam proses pembangunan dan akan mengoperasikan alat berat, sebaiknya Anda harus berhati-hati agar  prosesnya berjalan lancar dan optimal. Untuk itu, berikut ini kami berikan tips yang bisa dilakukan sebelum mulai mengoperasikan alat berat.
  • Pemeriksaan lokasi. Sebelum mulai mengoperasikan alat berat, cobalah untuk mengelilingi lokasi yang akan digarap untuk melihat situasi dan kondisinya. Hal ini penting sehingga Anda memiliki gambaran seperti apa ‘medan’ yang harus Anda taklukan di lapangan. Hal ini penting karena akan mempengaruhi kerja alat berat. Misalnya saja, jika lahan ada dalam kondisi miring dan kita akan menggunakan alat berat buldozer, maka kita harus mencari cara agar buldozer tetap dapat bekerja secara efektif. Karena, buldozer yang bekerja dalam posisi miring tidak akan dapat bekerja maksimal.
  • Pemeriksaan mesin. Setelah tahu medan seperti apa yang akan Anda hadapi, langkah berikutnya adalah mengecek mesin alat berat. Jika Anda tidak memiliki pengetahuan yang cukup tentang alat berat, Anda bisa mengajak tim teknisi untuk membantu mengeceknya. Perhatikan bagaimana konsidi oli mesin, oli hidrolis, radiator, dan lain sebagainya. 
  • Pelumasan alat berat. Saat mesin alat berat dirasa sudah baik, sekarang saatnya untuk melihat pelumasan dalam sendi-sendi alat berat. Cobalah untuk mengetes apakah alat keruk bisa terangkat dan membuka dengan baik tanpa tersendat. Jika pergerakannya tidak smooth, berarti oli pelumasnya kurang. Segera perbaiki sebelum mulai bekerja.
  • Periksa ruang kabin operator. Ketika tiga poin di atas sudah dikerjakan, masuklah ke dalam ruang operator. Pastikan kontrol dan layar monitornya dalam keadaan menyala dan baik. Singkirkan benda-benda yang tidak berguna agar tidak merusak konsentrasi Anda. Selanjutnya, duduklah di ruang kemudi dan pasang sabuk pengamat.
  • Pemanasan mesin. Mulailah nyalakan mesin sesuai prosedur dan gerakan komponen alat berat secara perlahan.

 Itu dia langkah-langkah yang bisa Anda lakukan sebelum menggunakan alat berat. Selamat bekerja.

0 comments:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...