Menguras Pemanas Air Tahap Kedua

Menguras Pemanas Air Tahap Kedua
Menguras pemanas air tentunya menjadi salah satu tindakan perawatan yang harus dilakukan secara rutin. Meskipun dilakukan 1 - 3 tahun sekali, menguras tangki pemanas air akan membersihkan tangki sekaligus dan membuat air yang akan digunakan menjadi jernih kembali. Selain itu melakukan pengurasan pemanas air akan memperpanjang usia penggunaan alat tersebut alis lebih awet.

Setelah tahapan pengurasan pemanas air di dalam tangki selesai dilakukan, ada beberapa langkah penyelesaian yang juga mesti dilakukan. Apa saja yang dilakukan ? Berikut ini penulis rangkum dari situs id.wikihow.com :

  • Kembalikan ke posisi semula keran air (baca juga ; menguras pemanas air tahap pertama)untuk menutup lubang untuk mengeluarkan air. Lepaskan juga selang yang masih ada pada kran. Selain itu, pastikan mematikan keran air panas di wastafel atau bak mandi yang sebelumnya dibuka ketika menguras sebelumnya.
  • Buka kembali keran pada bagian atas tangki sehingga aliran air dingin dapat mengalir dan mengisi tangki pemanas air. Jika tangki sudah terisi penuh, maka secara perlahan buka kembali katup pelepas tekanan untuk membantu mengeluarkan angin berlebih. Hal ini dilakukan untuk menjaga pemanas air tidak bersuara ketika air dingin mengalir dan masuk ke dalam tangki pemanas untuk penggunaan secara normal. Setelah tekanan angin mulai berkurang, maka katup ini harus segera ditutup.
  • Setelah tangki pemanas air terisi penuh, tutup saluran pemanas air dan buka keran air panas di wastafel dan kamar mandi Anda untuk mengeluarkan angin. Ups, jangan langsung menyalakan tenaga listik dulu yah. Jika Anda langsung menyalakan tenaga tanpa ada isi, elemen pada pemanas air bisa cepat rusak. Sebelum itu, pastikan buka keran air panas dan tunggulah sampai aliran air penuh.
  • Putar kembali kotak panel kecil yang sebelumnya berada pada kondisi "Pilot" ke "On" dan tunggu hingga air panas mulai mengalir. Setelah air panas mengalir dengan volume penuh pada kran air, maka buka bagian dalam kotak panel kecil tersebut dan nyalakan pemanas air dengan menurunkan semua tuas yang ada ke arah bawah.
  • Tutup keran tangki, dan diamkan selama 20 menit untuk mengetes air panas mengisi bak mandi terlebih dahulu. Perhatikan dan dengarkan baik-baik suara dari pemanas air untuk memastikan pemanas air tersebut bekerja.
Untuk Anda yang memang takut menyebabkan pemanas air jadi rusak ketika melakukan semua tahapan di atas, maka panggilan teknisi untuk melakukan semua prosesnya. Semoga bermanfaat yah! -apuy-

0 comments:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...