Menguras Pemanas Air Tahap Pertama

Penggunaan pemanas air, seperti solar water heater Indonesia di rumah-rumah kini banyak digunakan dan menjadi sebuah kebutuhan rumah tangga khususnya Jakarta, khususnya pengadaan air hangat untuk mandi apalagi ketika musim hujan datang. Namun demikian, banyak para pengguna yang justru tidak memahami cara perawatan pemanas air ini. Padahal kita tentu tahu ketika membeli sebuah alat pemanas air ini, biaya yang dikeluarkan tidaklah sedikit namun memang semua mahal atau tidaknya sebuah produk tergantung dari nama brandnya.

Panduan Mudah Menguras Pemanas Air Tahap 1

Perihal perawatannya, pemanas air yang merupakan peralatan elektronik inipun harus dirawat dengan baik dan rutin. Tindakan perawatan yang harus dilakukan adalah pengurasan, dimana minimal pengurasan bisa dilakukan 1 - 3 tahun sekali tergantung pada model dan sumber air. Pengurasan ini akan membantu mengontrol terjadinya penumpukan deposit mineral, sehingga pemanas air dapat bekerja lebih efisen. Tidak hanya itu, pengurasan pemanas air ini juga bisa membantu memperpanjang umur penggunaan. 

Bingung bagaimana cara untuk menguras pemanas air ? Berdasarkan informasi dari situs id.wikihow.com, panduan menguras pemanas air sendiri 2 tahapan yang bisa dilakukan : 
  • Temukan sumber tenaga utama. Sumber utama pemanas air terdapat pada sebuah kotak pemecah/pelebur untuk pemanas air listrik atau termostat untuk pemanas air gas dengan bentuk kotak panel kecil dengan warna abu-abu. Kotak termostat ini memiliki tombol berwarna merah dengan kenop 3 pengaturan yaitu "Pilot," "Hidup," and "Mati." pada bagian luar. Sedangkan pada bagian dalamnya ada beberapa saklar. 
  • Matikan arus listrik pada pemanas air gas dengan memutar kenop di bagian luar kotak dengan memutar dari arah kiri ke kanan dengan kenop "Pilot" berada di tengah. Setelah itu, naikkan tuas saklar di bagian dalam ke arah atas. Ini akan menghentikan tenaga dan pemanas air gaspun tidak akan bisa digunakan. 
  • Stop semua persediaan air dingin dengan memutar katup penyetop air searah jarum jam. Katup ini bisanya terdapat dekat dengan pipa untuk air dingin yang berada dibagian atas tangki. Pada pemanas air gas memiliki 2 tipe katup, yaitu katup bola dan katup gerbang dengan sistem. Memutar sebanyak 90 derajat menutup dan membuka katup bola, tetapi katup gerbang memerlukan banyak putaran.
  • Buka keran air pada wastafel atau bak mandi Anda, sehingga memudahkan proses pengurasan air yang ada di dalam pemanas air.
  • Pasang selang pada saluran pembuangan yang terletak di bagian bawah pada tabung pemanas air. Siapkan ember sebagai penampung sementara air yang akan dibuang. Setelah itu, buka tuas ke arah depan untuk membuka sehingga air yang ada di dalam tabung pemanas bisa dialirkan melalui selang.
  • Cek air dengan mendiamkan sebentar untuk melihat apakah airnya jernih atau justu ada endapan pasir di dasar. Jika air bersih, lanjutkan kuras semua air hingga habis. Kuras terus hingga air benar-benar habis dan tangkipun bersih.
Jika seluruh proses menguras pemanas air gas tahap 1 ini selesai dilakukan, dan tidak ada lagi endapan pada tangki silahkan melanjutkan ke tahapan menguras pemanas air tahap kedua. Selamat mencoba! -apuy-

0 comments:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...